Yenny Sucipto

yenny-sucipto

Endah Sricahyani Sucipto atau Yenny Sucipto dilahirkan di Kediri, 18 Mei 1980. Ia menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana Program Studi Kajian Gender dan Transformasi Sosial di Universitas Indonesia pada tahun 2016 dan tercatat sebagai mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi di Institut Pertanian Bogor sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Yenny dipercaya sebagai Tim Ahli Telekomunikasi, informatika dan komunikasi Komisi Pemilu Umum (KPU) RI Bidang Finansial untuk periode 2016-2017, yang bertugas untuk melakukan kajian anggaran terhadap sistem TIK yang dipergunakan oleh KPU pada Pemilukada dan Pemilu.

Yenny memulai pekerjaan di bidang transparansi anggaran saat dia bergabung dengan Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) sebagai manager/koordinator analisis dan kajian untuk periode 2003 – 2011. Tugas yang dimandatkan adalah melakukan penelitian dan kajian terhadap APBN dan APBD,baik secara makro maupun mikro serta sektoral anggaran.

Untuk periode 2013 – 2017, Yenny dipercaya oleh Simpul Jaringan sebagai Sekjen FITRA dengan mandat untuk membangun dan mendorong gerakan sosial dalam mewujudkan kedaulatan rakyat atas anggaran.

Yenny merupakan aktivis yang ahli berbicara mengenai isu transparansi anggaran. Dalam mengkampanyekan isu transparansi, yang dilakukan oleh Yenny adalah intervensi pada tiga pilar yaitu eksekutif, legislatif, dan masyarakat.
Wilayah intervensi untuk isu transparansi anggaran adalah internasional/regional, pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Untuk Intervensi di tingkat Internasional/regional, Yenny merupakan anggota aktif yang mewakili FITRA dalam organisasi Government Inisiative Fiscal Transparansi (GIFT), Internasional Budget Partnership (IBP), dan sebagai perwakilan dari NGO di Extractive Industry Transparency Inisiative (EITI).

Selain itu Yenny juga seorang penyusun naskah komik anggaran dan penulis buku. Buku komik yang saya hasilkan berbicara mengenai pengetahuan anggaran dasar pada level APBN dan APBD, dan saya menciptakan tokoh komik anggaran yaitu bapak Bujet. Buku yang terbaru telah beredar di Gramedia, yaitu APBN Konstitusional. Buku tersebut disusun bersama dengan teman-teman aktivis lainnya termasuk melibatkan para ekonom. Yenny juga sering menjadi kontributor pada media masa dan media elektronik yang berbicara mengenai transparansi dan akuntabilitas anggaran.

Sumber : https://womenunlimited.id/yenny-sucipto/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *