Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) dengan program Building Better Budgets-Womens Participation (B3WP) nya kembali mengadakan magang pelatihan anggaran “Peningkatan Kapasitas Analisis Perencanaan dan Penganggaran Yang Responsif Gender”. Kegiatan yang berlangsung  11 Februari sampai 31 Maret 2013 ini diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari perwakilan personil lembaga mitra Program B3WP Seknas FITRA yang ditunjuk.

Menurut Program Manager B3WP Yenny Sucipto, kegiatan magang anggaran yang diadakan seknas FITRA kali ini lebih difokuskan dalam memperkenalkan instrument perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PRRG) “magang kali ini kita fokus pada PRRG dengan memberikan peningkatan pengetahuan tentang demokratisasi anggaran, fokus untuk mengetahui siklus perencanaan serta regulasinya” imbuhnya. Selain itu Yenny juga menegaskan magang anggaran tahap II ini juga bertujuan untuk peningkatan dan penguatan kemampuan membaca dan menganalisis dokumen-dokumen perencanaan dan penganggaran daerah, kemampuan membuat grafik analisis yang kemudian nantinya peserta magang akan  menuangkannya dalam bentuk press release dan policy brief disamping itu kegitan magang ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan strategi advokasi anggaran melalui pengamatan langsung terhadap proses perencanaan dan penganggaran.

Para peserta yang mengikuti pelatihan anggaran pun sangat antusias dalam menyimak materi yang dipaparkan oleh fasilitator. Selain mendapatkan bekal pelatihan anggaran dari Seknas FITRA para peserta magang pun pada 17 Februari 2013 lalu diberangkatkan ke Kebumen untuk mendapatkan bekal pengetahuan mengenai perencanaan hingga ke pengelolaan SKPD di daerah. Selama 14 hari mereka akan menetap di FORMASI Kebumen sekaligus mendapatkan bekal pengetahuan mengenai perencanaan dan pengelolaan penganggaran desa.   /RedaksiFITRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *