Koordinator Advokasi dan Investigasi Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) Uchok Sky Khadafi berharap KPK segera menuntaskan kasus korupsi proyek pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Caranya kata da Uchok adalah dengan segera menahan tersangka Tafsir Nurchamid bekas Wakil Rektor UI. “Untuk keadilan maka yang bersangkutan perlu ditahan” sebut Uchok.

Ditambahkannya lagi kasus korupsi proyek pengadaan instalasi teknologi informasi di UI berpangkal dari lemahnya pengawasan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Uchok menilai dalam proses pengadaan barang pihak Universitas tidak mempertimbangkan kualitas hasil pekerjaan pengadaan barang dan jasa. Sementara pihak Kementerian lebih mengedepankan penyerapan anggaran.

“Akhirnya dalam pelaksanaan proyek kurang pengawasan dan mudah terjadinya penggelembungan harga” terang Uchok. Uchok juga meminta KPK terus mengembangkan kasus ini. Kata dia akan banyak tersangka lain yang terlibat, termasuk dari pihak swasta. “Dalam perkara korupsi tidak ada ceritanya pelaku bertindak sendirian,” tegasnya. Selain menelusuri pihak structural dikampus jaket kuning itu. Uchok meminta KPK menelusuri pihak swasta. Kata dia kasus ini tak akan berhenti disatu tersangka “Kemungkinan aka nada tersangka lain” cetus Uchok. Salah satu yang harus diungkap KPK adalah siapa diantara pimpinan kampus tersebut yang menentukan pemenangan tender untuk melaksanakan proyek itu.

Redaksi: FITRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *