Jakarta, 20 Februari 2019

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, layar dan dalam ruangan
*Open Data Day 2019 #session1*

Untuk memperingati ODD (Open Data Day) The World Annual Open Data Celebration yang jatuh pada tanggal 2 Maret 2019, Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan pada tanggal 20 Februari 2019 di di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan sepatu

Open Data Day adalah perayaan tahunan data terbuka di seluruh dunia. Untuk waktu, sejarah, grup dari seluruh dunia akan membuat acara lokal pada hari di mana mereka akan menggunakan data terbuka di komunitas mereka. Ini adalah keuntungan dari data terbuka dan mendorong penerapan kebijakan data terbuka dalam bisnis pemerintah dan masyarakat sipil.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan pakaian

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas data anggaran ini biasanya dilaksanakan dalam sehari, dimana orang datang dengan membawa laptop, baik secara individu atau tim, terhubung dengan internet untuk kemudian mengeksplorasi data. Selanjutnya, selama kegiatan berlangsung, mereka akan banyak terlibat dalam pengolahan dan penggabungan data, membuat narasi, dan terakhir mempresentasikannya. Hasilnya tentu sangat bergantung pada data yang diolah, bisa dalam bentuk “multimedia piece”, “the start of research project”, atau “a human story among others”.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Pada proses data quest, para peserta saling berdiskusi dalam kelompok, sembari dimonitoring oleh para juri. Juri pada acara ini juga kolaborasi beberapa pihak –akademisi, pemerintah, dan CSO– di antaranya, Juri 1 adalah seorang akademisi (Dosen Jurusan Managemen Keuangan STAN);
Juri 2 adalah staf Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI; dan Juri 3 adalah peneliti Seknas FITRA.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Di sesi presentasi hasil kajian, dengan bervariasi peserta menyajikan analisis dalam bentuk power point show, ilustrasi, dan infografis.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, layar dan dalam ruangan

Kegiatan sehari penuh ini diakhiri oleh pengumuman pemenang 1, 2, dan 3.

Selamat bagi para juara!
Kader muda peduli anggaran

Gambar mungkin berisi: 18 orang, orang tersenyum

GIFT – Global Initiative for Fiscal Transparency

#SeknasFITRA #KemenkeuRI #GIFT #STAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *