Menelusuri Kebijakan Anggaran HIV dan AIDS

Sebagai salah satu tujuan target MDGs, Memerangi HIV dan AIDS merupakan Tujuan ke Enam target MDGs yang dikhawatirkan gagal dicapai pada tahun 2015. Target MDGs untuk tujuan enam ini adalah menghentikan laju penyebaran dan membalikkan kecenderungannya di tahun 2015. Kerja keras dan perhatian besar selurun elemen bangsa terhadap persoalan ini harus dicurahkan, jika Indonesia tidak ingin di nilai kalangan internasional sebagai Negara yang gagal mencapai komitmen global MDGs.

Salah satu faktor untuk melihat seberapa besar dan efektif komitmen Negara terhadap suatu persoalan bangsa adalah dengan melihat kebijakan alokasi anggaran. Kebijakan alokasi anggaran sebagai salah satu instrumen Negara, dapat memberikan gambaran apakah upaya memerangi HIV/AIDS mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah. Dalam kerangka ini, Seknas FITRA bersama Our Voices berupaya menyuarakan kepedulian terhadap upaya memerangi HIV/AIDS dengan memberikan sedikit konstribusi berupa booklet yang memberikan gambaran umum mengenai kebijakan anggaran dan persoalan prosedur kelembagaan dalam upaya memerangi HIV AIDS.

Moment Pemilu 2009 yang baru saja usai, merupakan manifestasi kenginan rakyat Indonsia terhadap eksekutif dan legislatif yang terpilih saat ini, untuk menyelesaikan persoalan Bangsa termasuk dalam upaya memerangi HIV/ AIDS. Beban pencapaian target MDGs berada dipundak hasil Pemilu 2009.

Temuan-temuan yang disampaikan booklet ini, diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Persoalan, seperti proporsi alokasi anggaran pencegahan penyebaran HIV/AIDS, yang relatif besar namun tidak mampu menahan laju penyebaran HIV/AIDS, dapat menjadi pijakan persoalan yang harus diselesaikan oleh Pemerintahan hasil Pemilu 2009.

Tentunya apa yang disampaikan dalam booklet ini bukanlah obat mujarab yang mampu menahan laju penyebaran HIV/AIDS. Booklet ini hanyalah irisan kecil dari berbagai upaya yang tengah dilakukan elemen bangsa yang peduli terhadap HIV/AIDS.

cover modul_menelusuri kebijakan anggaran hiv dan aids

 
Detil

Judul Menelusuri Kebijakan Anggaran HIV dan AIDS
Peyusun Yenny Sucipto, Hartoyo (Our Voice)
Penerbit SEKNAS FITRA, Jakarta
Tahun Terbit 2009
Didukung oleh HIVOS
Download

2 thoughts on “Menelusuri Kebijakan Anggaran HIV dan AIDS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *