MENGUKUR KOMITMEN: Analisis kebijakan Perencanaan dan Anggaran Nasional terhadapan pengelolaan hutan dan Lahan di Indonesia

Salam Transparansi,

Anggaran Adalah Sebuah instrumen Strategis melakukan penilaiyan terhadap kualiatas dari suwatu komitmen kebijakan, baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. kebijakan anggaran juga meliputi seluruh sektor urusan dan fungsi.

Kegitan industri berbasis hutan dan lahan memiliki kontribusi rata-rata sebesasr 27 persen terhadap penerimaan Negara selama empat tahun terakhir (2009-2012) melalui skema penerimaan Negara bukan Pajak (PNPB). Hal ini menunjukan adanya aktifitas ekspoitasi lahat dan hutan dengan intensitas cukup tinggi sehingga berpotensi terhadap timbulnya resiko kerusakan ekologi, kerugian ekonomi dan kesenjagan sosial.

Selain itu komitmen kebijakan pemerintah pusat yang di tuangankan dalam dokumen rencana pembangunan pemerintah akan di telaah secara mendalam yaituh terkait indikator kinerjanya yang kemudian di bandingkan denga data realisasinya sebagai mana terdapat dalam angka-angka statistik.

Program SETAPAK, yang di danai United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU), bertujuan untuk meningkatakan tatakelola hutan dan lahan di Indonesia, Program SETAPAK mendukung upaya LSM-LSM di Indonesia yang dapat berperan dalam tata kelola hutan dan lahan, Termasuk dalam memperdebatkan kebijakan pemerintah agar lebih efektif dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Atas tersusunya laporan ini kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepda UKCCU atas dukungannya terhadap program SETAPAK dan study ini hususnya. teklupa kepada para peneliti di nasional dan daerah atas kerja kerasnya untuk mendapatkan data dan menganalisisnya, semoga studi ini bermanfaat untuk perbaikan pengelolaan hutan dan lahan yang lebih baik.

Jakarta, desember 2013

Yenny Sucipto                                                                               Blair Pelmer

Sekertaris Jenderal                                             Direktur Program Tata Kelola Lingkungan
Seknas FITRA                                                     The Asia Foundation
hutan2

 
Detil

Judul MENGUKUR KOMITMEN: Analisis kebijakan Perencanaan dan Anggaran Nasional terhadapan pengelolaan hutan dan Lahan di Indonesia
Peyusun Hadi Prayitno, Ahmad Taufik, Rizka Fitriyani, Alam Surya Putra,Dadan Ramdan,Gunawan
Penerbit SEKNAS FITRA, Jakarta
Tahun Terbit 2013
ISBN / ISSN 978-602-96350-4-1
Didukung oleh The Asia Foundation dan Ukaid
Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *