Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) didukung oleh The Asia Foundation (TAF) kembali menggelar magang anggaran. Magang kali ini berbeda dari magang sebelumnya yang pernah dilakukan oleh FITRA dan lembaga yang masuk tim jaringan Building Better Budgets for Woman and the Poor (B3WP). Kali ini magang difokuskan dengan pola “Refresher Course”  yang lebih menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan analisis Mitra B3WP terhadap isu-isu ekonomi politik nasional dan daerah, gender dan transformasi sosial, hingga hal-hal teknis strategis pengembangan kelembagaan CSO.

Kegiatan Refresher Course yang mulai berlangsung dari 10 sampai dengan 15 Maret 2014 ini diisi dengan materi-materi seputar Perempuan dan Politik di Indonesia, Peta Percepatan PUG di berbagai negara, Bedah Ekonomi Politik Pembangunan dan Kesejahteraan, Gender dan Pembangunan, Bedah UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa dan Strategi Advokasinya dan Strategi Pengembangan Gerakan Advokasi PPRG.

Refresher Course tersebut diikuti  oleh Mitra Program B3WP di 10 kabupaten-kota dan 4 provinsi di Sulawesi setidaknya yang telah memiliki kontribusi dalam 3 hal yakni di penguatan kapasitas warga dan komunitas, berperan pada level menengah yang punya keprihatinan yang sama atas kondisi kemiskinan, ketidakadilan pembangunan, serta gerakan mempengaruhi kebijakan dan anggaran serta memiliki peningkatan kapasitas pemerintah daerah dalam implementasi PPRG.

Sekjend FITRA Yenny Sucipto berharap Referesher Course yang diikuti mitra B3WP kali ini mendapat tambahan pengetahuan tentang ekonomi politik perencanaan penganggaran dari hulu hingga hilir. “Kami berharap dari proses refresher course ini mitra kami yang tergabung di tim B3WP mampu membaca arah kebijakan pemerintah khususnya daerah, baik makro maupun sektoral dan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang keragaman kerangka analisis gender dan mensimulasikannya berdasarkan pengalaman kerja-kerja advokasi dengan merefleksikan kinerja lembaga masing-masing Mitra dalam merumuskan strategi pengembangannya” terangnya

Redaksi : FITRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *