Pada 18-19 Oktober lalu Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran menerima tamu dari Tim Kerja Gubernur (TKG) Provinsi Gorontalo, mereka datang dalam rangka meningkatkan suplay ketersediaan kebijakan berkualitas dalam kerja pemerintahan di Provinsi Gorontalo dengan melakukan study comparative di lembaga  terkait berbagai kebijakan public khususnya dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari di Kantor Sekretariat Nasional FITRA, Sekjend FITRA Yuna Farhan menyambut baik inisiasi pertemuan internal tersebut. Dalam pertemuan di hari pertama Yuna memaparkan tentang visi dan misi FITRA selain itu dipaparkan juga tentang program-program FITRA yang sedang dan akan berjalan serta sharing pengetahuan tentang proses perencanaan advokasi dan penganggaran. Sekitar belasan peserta pertemuan yang mengikuti Studi Komparatif tersebut, dengan didampingi tim kerja dari LP2G Gorontalo Arrusdine Bone, sangat antusias dalam menyimak penjelasan dari Sekjend Fitra.

Hari kedua pertemuan diisi oleh Direktur Resource Centre Seknas  FITRA Yenny Sucipto, dan Sekjend KAI Abdul Waidl, di pertemuan tersebut Yenny dan Waidl menjelaskan tentang perbandingan secara umum terhadap kebijakan publik khususnya bidang kesehatan dan pendidikan dalam perspektif kesetaraan gender serta sharing pengetahuan terkait proses perencanaan advokasi dan penganggaran.dengan melihat bentuk perencanaan dan penganggaran strategi penanggulangan kemiskinan daerah, termasuk mengelaborasikan tentang inisiatif dan tindakan penyetaraan gender yang tepat.

Selain dengan FITRA, TKG Provinsi Gorontalo sebelumnya juga sudah melakukan Studi Comparative dengan Pemprov Jawa Tengah dan The Asia Foundation guna belajar tentang mekanisme Monitoring dan Evaluasi (monev). Acara diakhiri dengan makan siang bersama dikantor Sekretariat FITRA.

/Redaksi FITRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *