Kebumen, Formasi dan Seknas Fitra didukung oleh Asia Foundation telah menyelenggarakan magang analisa perencanaan dan penganggaran yang responsif gender dan pro poor, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 minggu di Kebupaten Kebumen di ikuti oleh 16 orang dari berbagai organisasi masyarakat di Indonesia yang merupakan jaringan Seknas Fitra.

Kegiatan magang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader-kader organisasi yang akan mendorong pemerintah lokal untuk membuat kebijakan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender dan pro poor.

Hadir pada penutupan magang Ibu Djuwarni,Amd. Selaku wakil Bupati Kebumen beserta jajaran Pemda Kabumen, dalam sambutannya beliau berpesan agar hal-hal yang baik diKebumen bisa direplikasi diwilayah peserta magang terutama dalam hal perencanaan dan penggaran yang partisipatif, transparan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat ditingkat bawah.

Dalam proses magang, peserta telah diberi materi mulai dari perencanaan penganggaran ditingkat desa, Kabupaten, analisis konsistensi dan berbagai materi lainnya, peserta juga melakukan live in di desa, kecamatan dan mengamati pelaksanaan Forum SKPD di Kabupaten Kebumen.

Pasca pelaksanaan magang di Formasi peserta akan melanjutkan proses pembelajaran di Seknas Fitra untuk lebih memperdalam tekhnik analisa APBD dan APBN. Yusuf murtiono Pimpinan program Formasi dan sekretaris Dewan Nasional Fitra berkata, program magang dilaksanakan setiap tahun merupakan program dari KS dan B3WP yang diikuti oleh jaringan Seknas Fitra Di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka memberi peningkatan kapasitas simpul jaringan Fitra di daerah.

Ditulis oleh : Wandi Irawan ( Seknas Fitra ) & Fuad Khabib ( Formasi Kebumen )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *