Perbaikan Tata Kelola Dana Alokasi Khusus di Indonesia

Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari APBN yang dialokasikan kepada pemerintah daerah dengan tujuan untuk membantu pembangunan pemerintah daerah. DAK digunakan sesuai dengan skala prioritas nasional, yaitu membiayai kebutuhan sarana dan prasarana infrastruktur masyarakat yang belum mencapai standar pelayanan minimal. DAK ditetapkan setiap tahun dalam APBN.

Mekanisme pengelolaan dibagi dalam tiga kriteria, yaitu;
pertama, kriteria umum dirumuskan berdasarkan kemampuan keuangan daerah
yang dicerminkan dari penerimaan umum APBD setelah dikurangi belanja pegawai
negeri Sipil Daerah;
kedua, kriteria khusus dirumsukan berdasarkan peraturan perundang-undangan
yang mengatur penyelenggaraan otonomi khusus dan karakteristik daerah; dan
ketiga, indikator indikator kegiatan khusus yang akan didanai dari DAK.

Dalam perjalanannya, tata kelola DAK mengalami banyak tantang, termasuk didalamnya adalah sinkronisasi DAK dalam perencanaan pembangunan pemerintah pusat dan daerah. Untuk menjawab hal itu, setidaknya pemerintah mengupayakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan proposal based, dimana daerah diberi kesempatan mengajukan kebutuhan pembiayaan di luar Dana Alokasi Umum (DAU), dan pendekatan sinkronisasi DAK khususnya DAK Fisik dalam perencanaan pembangunan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2017.

Untuk mengukur efektifitas kedua pendekatan pemerintah tersebut, Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) dengan dukungan Knowladge Sector Initiative (KSI) Australia-Indonesia Partnership, melakukan Riset dan kajian secara khusus terhadap implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2017 dan tata kelola DAK dengan mengambil lokasi 3 (tiga) provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Riau.

Date

Dec 23 2021
Expired!

Time

9:00 am - 11:55 am

More Info

Unduh Materi

Location

Hotel Acacia
Jakarta
Category

Organizer

Mita Maulidta
Phone
+6281314120874
Email
mita@seknasfitra.org
Unduh Materi
QR Code
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap