Berkat kerja keras dan dukungan banyak pihak, akhirnya Laporan Analisis Anggaran Daerah (AAD) tahun 2016 ini berhasil dirampungkan. Laporan AAD ini merupakan bagian dari Local Budget Study (LBS) hasil kerja Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) dengan dukungan The Ford Foundation (FF). Laporan ini disusun oleh Tim Seknas FITRA yang dikoordinir oleh Misbahul Hasan dan Yenti Nurhidayat dengan melibatkan Gulfino Che Guevarrato, Gurnadi Ridwan, dan Betta Anugrah Setiani sebagai verifikator data dan penyumbang tulisan. Proses collecting dan inputing data merupakan bagian tersulit di dalam keseluruhan proses AAD ini, ehingga penghargaan yang sebesarbesarnya kepada tim collecting dan inputing data: Mita Maulidta Agustin, Betta AS., Eka Chandra Kusuma, Resty Habibah, M. Iqbal, Indah Nova, Amar, Sulistio , Lina, Devi, Saepul Yahya, dan Roy Imanuddin.

Selain itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan yang dengan sangat terbuka memberikan kesempatan kepada tim collecting data FITRA untuk mengakses dokumen yang dibutuhkan.

Laporan AAD 2016 ini didedikasikan untuk perbaikan pengelolaan anggaran daerah yang lebih demokratis, efisien, dan efektif.

Penulis:
Misbah Hasan, Yenti Nurhidayat

Dukungan:
Seknas FITRA

Tahun:
2016