Berkat kerja keras dan dukungan banyak pihak, akhirnya laporan Kinerja Pengelolaan Anggaran Daerah (KiPAD) tahun 2011 berhasil dirampungkan. KiPAD merupakan hasil studi kerjasama antara Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) dengan The Asia Foundation yang didukung oleh KINERJA – USAID. Laporan ini disusun oleh oleh tim Seknas FITRA yang dikoordinir oleh M. Maulana dengan melibatkan Yuna Farhan, Ahmad Taufik, Hadi Prayitno dan tim The Asia Foundation yang dipimpin oleh Erman Rahman dengan melibatkan R. Alam Surya Putra, Hari Kusdaryanto dan Frida Rustiani.

Laporan KiPAD yang disajikan ini merupakan hasil kerja lapangan di 20 daerah yang tersebar di empat propinsi. yaitu:

1) Propinsi Aceh: Ruslaidin (Simeulue), Saiful Bismi (Aceh Singkil), Nasrudin (Aceh Tenggara), Idrus Saputra (Bener Meriah), Askhalani (Kota Banda Aceh). Verifikasi data oleh Baihaqi.

2) Propinsi Kalimantan Barat: Joni Rudwin (Sambas), Rosemaniar (Bengkayang), Yayan Putra (Sekadau), Demanhuri (Melawi), Didik Suprapta (Kota Singkawang). Verifikasi data oleh Faisal Riza.

3) Propinsi Jawa Timur: Quddus Salam (Tulungagung), Hadi Makmur (Jember), Nurhadi (Kab. Probolinggo), Mashudi (Bondowoso), Januar Luthfi (Kota Probolinggo). Verifikasi data oleh Dahkelan.

4) Propinsi Sulawesi Selatan: Anwar Razak (Bulukumba), Nilawati (Barru), Madjid Bathi (Luwu), Akil Rahman (Luwu Utara), Agus (Kota Makassar). Verifikasi data oleh Sudirman.

Kepada seluruh yang terlibat, Seknas FITRA mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya. Untuk perbaikan pengelolaan anggaran daerah yang lebih demokratis, laporan KiPAD 2011 ini didedikasikan.

Penulis:
Muhammad Maulana, Yuna Farhan, Ahmad Taufik, Hadi Prayitno

Dukungan:
The Asia Foundation

Tahun:
2012