Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyampaikan pentingnya peran organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk menciptakan iklim demokrasi. Salah satunya dalam Pemilu 2024 mendatang.
“Dua peran penting yang harus diambil oleh ormas, yaitu menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sekjen FITRA Misbah Hasan dalam keterangannya, Senin (6/6/2022)

Pernyataan ini juga disampaikan Misbah dalam seminar nasional dengan tema ‘Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Menjaga Demokrasi Jelang Pemilu dan Pemilukada 2024 dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’ di Jakarta Pusat.

Misbah mengatakan Pemilu 2024 nantinya harus terbebas dari politik uang (money politic). Sebab, menurutnya, hal ini akan mencederai demokrasi.

“Pelaksana Pemilu 2024 harus bebas dari praktik money politic yang akan mencederai semangat demokrasi,” kata Misbah.

Dia menuturkan FITRA membuat sekolah anggaran publik untuk memberikan pengetahuan ke masyarakat terkait proses perencanaan anggaran hingga pengawasan program pemerintah.

“Untuk memperkuat agenda demokrasi FITRA membuat Budget Resource Center (BRC) atau sekolah anggaran publik untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam proses perencanaan, penganggaran dan pengawasan terhadap program pemerintah agar nilai demokrasi bisa lebih bermakna karena mendengarkan kelompok masyarakat,” tuturnya.


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6113740/ormas-dinilai-berperan-dalam-cegah-politik-uang-di-pemilu-2024